Contoh Surat Izin Usaha Pertamini

Contoh Surat Izin Usaha Pertamini – Status pertamini sendiri hingga sementara ini tetap dipertanyakan, meski begitu, untuk mengakses bisnis ini pun perlu mengantongi perizinan agar dinyatakan RESMI atau LEGAL. Karena jika tidak mempunyai perizinan, maka bisnis anda dapat tersendat dan SPBU pun memberikan pasokan bensin dalam kuantitas sedikit. Agar nantinya tidak bermasalah, maka buatlah surat izin sebagai pengecer BBM (BAHAN BAKAR MINYAK). Caranya adalah dengan mendatangi SPBU resmi langsung didekat wilayah anda, lalu minta izin untuk mengecerkan bensin. Biasanya oleh petugas dapat diberi selembaran formulir, kalau memang anda sudah mengantongi izin dari SPBU setempat, maka langkah berikutnya anda meminta izin dari kepemerintahan setempat.

contoh surat izin usaha pertaminiDalam membuat surat izin usaha (SIUP) tentu memiliki beberapa persyaratan, sehingga jika persyaratan sudah lengkap maka proses pembuatan SIUP akan segera di proses, dan persyaratan tersebut tergantung pengajuan SIUP nya yang dikelompokan pada beberapa sumber pengajuan, jadi persyaratnnyapun berbeda sesuai dengan perusahaan yang mengajukan SIUP, memang dalam siup untuk Cara Membuka Usaha Pertamini ini tergolong kecil, jadi tidak seperti perusahan (PT) sehingga tidak terlalu ribet, hanya saja anda mendatangi SPBU dan Kantor pemerintahan terdekat untuk membuat sipu menjual bensin eceran.

Untuk Perusahaan Perseorangan seperti PERTAMINI adalah sebagai berikut:

  1. Materai senilai Rp. 6.000

  2. Foto Direktur Utama/Penanggung Jawab/pemilik perusahaan dengan ukuran 4 x 6 cm (sebanyak 2 lembar).

  3. Izin lain yang terkait usaha yang dijalankan.

  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemegang saham perusahaan

  5. Fotokopi NPWP

  6. Surat keterangan domisili atau SITU

  7. Neraca perusahaan

Setelah kita ketahui jenis siup yang akan di buat maka lanjut ke cara membuat SIUP dan prosedur pengurusan surat izin usaha, pada kesempatan kali ini akan di bahas tentang prosedur pembuatan izin usaha jualan BBM bensin eceran. sebelum melakukan penjualan BBM bensin eceran langkah pertamina yang harus dilakukan adalah pembuatan izin terkait usaha yang akan dijalankannya, izin usaha yang kami maksud adalah izin usaha perdagangan yang akan diperoleh dengan melalui prosedur tertentu yang telah ditetapkan, prosedur pembuatan izin usaha pengangkutan minyak bumi, BBM dan hasil olahan Direktorat Jenderal MIGAS (minyak dan gas bumi) adalah sebagai berikut:

  1. Badan Usaha yang bersangkutan melengkapi persaratan pembuatan izin usaha

  2. Badan Usaha yang bersangkutan mengajukan permohonan pembuatan Izin Usaha.

  3. Direktorat Jenderal MIGAS (Minyak dan Gas Bumi) melakukan penelitian dan evaluasi terhadap data administrasi dan teknis untuk persetujuan atau bahkan penolakan terhadap pengajuan Izin Usaha.

  4. Selanjutnya Direktur Jenderal MIGAS (Minyak dan Gas Bumi) atas nama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral memberikan Izin Usaha sesuai pengajuan, dengan masa berlaku paling lama 20 (dua puluh) tahun terhadap permohonan terrhadap Izin Usaha yang telah disetujui.

Catatan: proses pelayanan akan selesai terhitung dalam waktu kurang lebih 10 hari kerja setelah semua persyaratan terpenuhi dan dinyatakan lengkap serta valid.

Apakah anda sudah paham betul atas apa yang sudah saya sampaikan tentang pembuatan surat izin untuk membuka usaha menjual bensin eceran? Jika anda sudah paham dan ngerti semuanya, seandainya anda butuh bantuan untuk membeli Mesin Pertamini yang handal untuk usaha menjual BBM eceran, maka disini kami menjualnya, dan Harga Mesin Pertamini Digital ini mulai dari 12jt sampai 23jt sesuai kapasitas dan kegunaannya. SEGERA HUBUNGI ADMIN YOGA – HP 081392709690

Baca Juga Artikel Lainnya...

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *